3 Jenis Makanan Ikan Cupang Hias Maupun Cupang Aduan yang Paling Baik

3 Jenis Makanan Ikan Cupang Hias Maupun Cupang Aduan yang Paling Baik

Makanan ikan cupang sangatlah beragam baik itu untuk cupang hias maupun cupang aduan, ragam makanan itu dibagi kedalam dua jenis yaitu makanan ikan cupang alami dan makanan ikan cupang buatan (pabrikan berupa pelet). Namun tidak semua makanan itu bagus untuk ikan anda, maka dari itu anda harus mengetahui informasi tentang ragam jenis makanan ikan cupang terutama yang memiliki kualitas paling baik. Hal tersebut bertujuan agar ikan yang anda pelihara baik itu aduan ataupu hias, dapat tumbuh secara maksimal dan sehat dan fit.

Jika anda ingin mengetahui apa saja jenis makanan ikan cupang yang paling bagus, maka anda dapat melanjutkan membaca artikel ini.

Jenis-jenis Makanan Ikan Cupang yang Terbaik

Cacing Darah / Cacing Beku

Blood worm atau yang lebih dikenal di kalangan masyarakat pecinta ikan hias adalah satu jenis makanan ikan cupang yang memiliki kualitas cukup bagus. Karena dalam cacing beku memiliki kandungan protein dan gizi tinggi. Biasanya anda bisa mendapatkannya dengan mudah di banyak toko ikan hias di sekitar anda dengan harga yang cukup murah. Dalam pemberian makanan ikan cupang berupa cacing beku ini anda tidak boleh berlebihan dan terlalu sering, karena makanan ini temasuk kedalam makanan yang sulit di cerna oleh ikan cupang.

Daphnia / Kutu Air

Daphnia Sp. atau yang lebih sering kita sebut kutu air, termasuk kedalam zooplankton yang merupakan salah satu sumber pakan alami. Makanan ini sangat digemari ikan cupang, karena ikan cupang lebih menyukai pakan hidup dibandingkan dengan pakan mati atau tidak bergerak. Kutu air ini sangat cocok di berikan untuk ikan cupang terutama untuk ikan cupang hias atau kontes, karena dapat memperkuat tulang sirip sehingga sirip ikan cupang akan nampak lebih indah dan menarik. Untuk kutu air ini anda bisa mendapatkannya langsung di alam, biasanya kutu air dapat anda temukan di perairan yang tenang tanpa arus.

Jentik Nyamuk/Cuk

Jentik nyamuk/cuk merupakan larva dari nyamuk yang biasanya dapat anda temukan pada air tergenang dan kotor, walaupun kotor tapi jentik nyamuk ini sangat kaya akan protein bagi ikan cupang anda, terlebih lagi akan sangat baik jika diberikan kepada indukan cupang yang akan di kawinkan. Pemberian jentik nyamuk 1 minggu secara rutin pada indukan yang akan dikawinkan dipercaya akan menambah banyak jumlah telur pada betina. Jentik nyamuk ini juga sangat cocok untuk diberikan sebagai pakan harian, setelah daphnia. Namun, untuk mendapatkan jentik nyamuk ini cukuplah sulit dan belum bisa di kultur seperti daphnia atau cacing sutra. Maka jika anda ingin memberi makan ikan anda dengan jentik nyamuk, anda harus mencarinya ke tempat air tergernang yang kumuh.

Nah, itulah beberapa makanan ikan cupang yang paling baik dan banyak di rekomendasikan oleh para breeder ataupun kolektor ikan cupang. Dalam merawat ikan cupang tidak hanya makanan yang harus diperhatikan, namun penggantian air pun harus rutin, minimal 3 hari sekali agar ikan cupang anda tetap sehat.