Jenis-Jenis Makanan Ikan Discus yang Sangat Direkomendasikan

Ikan discus merupakan ikan air tawar yang berasal dari benua Amerika, tepatnya di sungai Amazon. Ikan ini memiliki bentuk tubuh yang pipih dan bundar dihiasi dengan sisik yang beraneka warna seperti putih, hitam, merah, ungu, jingga, biru dan juga hijau, serta ikan ini memiliki gaya berenang yang tenang dan anggun sehingga banyak orang memeliharanya sebagai ikan hias pada akuarium.

Jika dibandingkan dengan ikan hias air tawar yang lain, ikan discus memiliki tingkat kesulitan pemeliharaan yang lebih karena ikan ini sangat sensitif dengan perubahan kondisi lingkungannya. Maka dari itu akuarium tempat anda memelihara ikan discus harus dilengkapi dengan peralatan yang memadai seperti, filtrasi yang bagus, aerator, water heater dan juga dekorasi agar ikan ini merasa berada dihabitat aslinya. Selain itu, hal yang sangat penting untuk anda perhatikan dalam pemeliharaan adalah makanan ikan discus, dimana makanan ikan discus sangat mendukung untuk pertumbuhan dan juga menjaga tingkat kecerahan warnanya. Lalu apa saja makanan ikan discus yang bisa anda berikan?

Jenis Makanan Ikan Discus yang Bagus dan Sangat Direkomendasikan

Cacing darah

Cacing darah merupakan binatang sejenis yang mempunyai warna merah darah. Karena mengandung protein yang tinggi, ikan discus yang rutin memakan cacing darah biasanya akan tumbuh menjadi besar lebih cepat. Selain dijual dalam kondisi segar, Anda pun bisa membeli cacing darah dalam keadaan yang sudah dibekukan. Khasiat cacing darah lainnya bagi ikan discus yaitu mempertajam tingkat kecerahan warna di tubuhnya.

Kutu Air / Daphnia

Kutu air atau artemia merupakan salah satu pakan yang sangat bagus untuk makanan ikan hias pada umumnya. Hewan ini memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil sehingga bagus dijadikan sebagai pakan awal, terutama untuk burayak yang sedang belajar mencari makanan sendiri. Kutu air mengandung protein yang cukup untuk mendukung pertumbuhan ikan discus. Pakan ini pun dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan pada ikan.

Jantung Hati Sapi

Rutin memberikan hati sapi kepada ikan discus dapat mengubah warna ikan yang tadinya kusam menjadi cerah dan tajam. Oleh karena itu, meskipun harga hati sapi lumayan mahal, para penghobi tidak segan-segan membelinya hanya untuk ikan discus yang dipelihara. Sebelum diberikan kepada ikan discus, hati sapi tersebut harus diblender terlebih dahulu agar ukurannya berubah menjadi lebih kecil dengan tekstur yang lebih lembut.

Pelet

Demi alasan kepraktisan, kami tetap menyarankan Anda untuk menggunakan pelet sebagai makanan utama ikan discus. Kalau bisa, pilihlah produk pelet yang telah diramu secara khusus untuk ikan discus. Pelet seperti ini biasanya mengandung zat karoten yang cukup tinggi guna mempertahankan kualitas warna dari ikan peliharaan Anda. Ingat bahwa kita sebenarnya memelihara ikan untuk menghilangkan pikiran yang stres, jadi jangan sampai pikiran kita menjadi stres gara-gara kerepotan mengurus ikan.

Nah, bagaimana? Setelah anda mengetahui jenis-jenis makanan ikan discus yang baik apakah anda tertarik untuk memelihara ikan discus di akuarium anda?