Makanan Ikan Arwana untuk Mempercepat Pertumbuhan

Ikan arwana merupakan ikan hias yang berasal dari benua Asia, memiliki bentuk tubuh pipih memanjang dengan sisik yang besar. Terdapat beberapa jenis ikan arwana yang ada di pasaran khususnya di Indonesia, namun yang paling bagus dan mahal adalah jenis Super Red yang merupakan ikan arwana dari Indonesia tepatnya dari Kalimantan Barat. Bagi sebagian orang, memelihara ikan arwana di rumah dipercaya bisa mendatangkan hoki, tetapi tak banyak juga yang memeliharanya karena hobi. Dalam memelihara ikan arwana hal pertama yang harus di perhatikan adalah makanan ikan arwana, karena ikan arwana ini merupakan hewan omnivora tetapi lebih cenderung menyukai makanan hidup atau makanan alami. Terdapat banyak jenis makanan alami yang bisa di berikan untuk ikan arwana yang mampu untuk mempercepat pertumbuhan dan proses pencerahan warna sisik, sehingga penampilan ikan arwana anda akan lebih elok dipandang.

Jenis-jenis Makanan Ikan Arwana Agar Cepat Tumbuh Besar

Jika anda memelihara ikan arwana pada akuarium di rumah anda, mungkin hal yang sangat anda inginkan adalah ikan arwana anda dapat tumbuh dengan besar. Nah, semua itu tergantung pada luas akurium anda, perawatan dan yang terpenting adalah pemberian makanan ikan arwana. Lalu apa saja makanan ikan arwana agar cepat tumbuh besar?

Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu makanan favorit ikan arwana. Jangkrik sangat kaya akan sumber protein, mineral serta vitamin yang sangat baik bagi pertumbuhan ikan arwana. Jika anda ingin menggunakan jangkrik sebagai makanan ikan arwana, maka jangan sesekali anda memberikan jangkrik hasil tangkapan anda sendiri, karena jangkrik liar sangat berpotensi terkontaminasi oleh pestisida. Maka sebaiknya anda membeli jangkrik hasil ternak saja. Sebelum jangkrik diberikan pada ikan arwana, ada lebih bagus jika jangkrik tersebut anda beri makan wortel terlebih dahulu, karena hal tersebut dapat menambahkan vitamin A pada si jangkrik yang akan di jadikan maknan ikan arwana.

Udang

Udang sangat disarankan sebagai makanan pokok bagi arwana yang masih kecil, karena dengan memberikan makanan ikan arwana berupa udang maka akurium tempat hidup arwana tidak mudah kotor. Sebaiknya anda memberi makan arwna secara rutin tapi dengan porsi yang sedikit.

Magot

Magot atau yang lebih sering dikenal dengan belatung yang berasal dari larva lalat BSF ini memiliki protein yang sangat tinggi, namun itu hanya terdapat pada belatung atau magot yang sudah di keringkan berbeda dengan yang masih basah. Untuk pemberian makanan ikan arwana berupa belatung ini, anda bisa mencampurnya dengan pelet.

Ikan Kecil

Ikan kecil juga bagus untuk dijadikan sebagai makanan ikan arwana, karena dengan memberi makan arwana dengan ikan kecil maka ikan arwana anda akan lebih aktif. Anda bisa mendapatkan ikan kecil ini dari para peternak ikan yaitu berupa anakan ikan seperti ikan mas atau nilem.

Nah, itulah beberapa jenis makanan ikan arwana yang dapat membantu merangsang pertumbuhan badan ikan agar lebih cepat. Sebetulnya masih ada beberapa makanan ikan arwana yang bisa anda berikan, namun yang lebih bagus untuk pertumbuhan hanya yang telah dijelaskan saja.