Makanan Ikan Cupang yang Cocok untuk Usia 4 Hari

Ikan cupang atau dalam bahasa latin betta.sp merupakan salah satu ikan air tawar yang memiliki habitat asli yaitu di rawa-rawa dan perairan dangkal dan tenang dengan banyak tumbuh tanaman air. Ikan asli dari benua Asia ini banyak di jumpai di habitat aslinya seperti di Indonesia (Pulau Kalimantan), Thailand, Brunei Darussalam dan Vietnam. Jenis ikan cupang sangat beragam tergantung daerah ikan ini ditemukan. Ikan ini berkembang biak dengan cara menyimpan telurnya pada busa yang dibuat oleh ikan cupang pejantan. Seiring berjalanannya waktu ikan cupang yang ditemukan di alam liar atau sering di sebut dengan wild betta banyak di kembangbikan oleh para breeder dan dilakukan kawin silang sehingga pada saat ini banyak kita temukan ikan cupang dengan warna dan bentuk sirip yang sangat indah. Ikan ini tergolong mudah untuk dikembangbiakkan, jika anda tertarik untuk memelihara dan mengembangbiakkan ikan jenis ini maka hal penting pertama yang harus anda perhatikan adalah makanan ikan cupang itu sendiri terutama untuk burayak, karena ini menjadi faktor penentu keberhasilan anda dalam mengembangbiakkan ikan cupang.

Terdapat dua jenis makanan ikan cupang yang sangat cocok untuk burayak usia 4 hari seperti, makanan alami dan makanan buatan, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Penasaran dengan makanan ikan cupang untuk burayak umur 4 hari ini ? Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

Makanan Alami Untuk Ikan Cupang Umur 4 Hari

  • Infusoria
  • Kutu Air (Daphnia)
  • Micro Worm
  • Artemia

Nah makanan ikan cupang diatas termasuk kedalam makanan alami, dimana anda bisa mendapatkannya langsung dari alam dan mengkulturnya sendiri untuk diberikan kepada burayak ikan anda yang berumur 4 hari, makanan alami diatas memiliki cukup protein yang sangat dibutuhkan burayak untuk berkembang. Selain itu makanan tersebut sangat sesuai dengan bukaan mulut burayak yang sangat kecil, sehingga burayak akan mampu untuk memakannya dan meningkatkan SR (Survival Rate) pada burayak ikan cupang anda. Khusus untuk makanan ikan cupang berupa artemia, anda bisa mendapatkannya di toko makanan ikan dan anda harus mengkulturnya terlebih dahulu sebelum diberikan kepada burayak.

Makanan Buatan Untuk Ikan Cupang Umur 4 Hari

  • Kuning Telur
  • Pelet Halus

Makanan ikan cupang yang satu ini mungkin akan sangat mudah sekali anda temukan, seperti kuning telur yang bisa anda buat sendiri, dan juga pelet halus yang bisa anda dapatkan di tempat yang menjual makanan ikan. Namun, jika dibandingkan dengan makanan alami, makanan buatan ini memiliki penangan yang lebih ekstra, karena jika anda memberikannya berlebihan maka akan menjadi racun bagi burayak ikan cupang anda. Maka anda harus banyak belajar dan praktik untuk menggunakannya karena jika tidak, maka tingkat keberhasilan anda dalam mengembangbiakkan ikan cupang akanlah sangat tipis.

Pemberian makanan ikan cupang yang alami lebih sangat dianjurkan bagi anda karena selain memiliki asupan gizi yg cukup untuk pertumbuhan burayak, pakan tersebut lebih ramah terhadap kualitas air tempat burayak hidup sehingga tidak menjadi racun jika terdapat sisa makanan.